JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN PROFESI

Abstract

Masih rendahnya hasil belajar Pendidikan Jasmani dan Olahraga Kesehatan disebabkan dominannya skill menghafal daripada skill memproses sendiri pemahaman suatu materi. Selama ini, minat belajar siswa terhadap mata pelajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga Kesehatan masih tergolong kurang. Hal ini dapat dilihat pada sikap siswa selama mengikuti proses pembelajaran tidak fokus dan ramai sendiri. Bahkan ada sebagian siswa yang menganggap mata pelajaran ini tidak begitu penting dikarenakan tidak masuk pada mata pelajaran yang diujikan pada Ujian Nasional (UN). Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan upaya meningkatkan hasil belajar Pendidikan Jasmani dan Olahraga Kesehatan siswa kelas VIII-A dengan menggunakan metode problem solving, (2) mendeskripsikan bukti bahwa penerapan Problem Solving dapat meningkatkan  hasil belajar siswa kelas VIII-A. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Penelitian ini menggunakan dua teknik pengumpulan data, yaitu teknik observasi dan tes akhir kegiatan. Hasil belajar mata pelajaran Penjas Orkes siswa kelas VIII-A SMPN 1 Kedungjajang lebih meningkat setelah menggunakan metode problem solving. Rata-rata skor pada siklus I menunjukan peningkatan dibandingkan dengan rata-rata skor pada prasiklus 60,30 menjadi 70,27. Rata-rata skor yang dicapai pada siklus II sebesar 70,60. Perubahan perilaku siswa yang tampak setelah pembelajaran Penjas Orkes menggunakan metode problem solving, yaitu mengalami perubahan kearah positif. Perubahan yang terjadi, yaitu: siswa merasa lebih tertarik, senang dan dapat menjawab dengan baik setiap pertanyaan yang diajukan peneliti. Berdasarkan hasil penelitian penulis menyarankan setiap guru mata pelajaran dapat menggunakan berbagai metode dan pendekatan yang terdapat dalam pendekatan pada mata pelajaran. Siswa hendaknya memiliki motivasi yang tinggi dan lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran di kelas, agar kemampuan dan keterampilan yang dimiliki lebih meningkat

Keyword

Peningkatan Hasil Belajar, Metode Problem Solving
jurnaljp3

Tentang

Jurnal JP3 berisi artikel-artikel hasil penelitian mahasiswa STKIP PGRI LUMAJANG.

Jurnal JP3 dipublikasikan sebanyak dua kali setiap tahun oleh STKIP PGRI LUMAJANG.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi redaksi jurnal.

Arsip

Kontak